Selasa, 22 Februari 2011

Teknologi bahan

NASKAH : TEKNOLOGI BAHAN

1. Jelaskan dgn menggunakan gambar arti praktis dan sifat2 mekanis dari :
    a. Modulus Kenyal         c. Kekuatan Tarik
    b. Batas Reggang            d. Renggangan
   Jawab :
a.       Modulus Kenyal adalah : Ukuran kekuatan suatu bahan, yg berarti jika nilai modulus kekenyalan lebih tinggi,bahan tsb lebih kaku.
b.      Batas Regangan adalah : Batas untuk mengetahui kokohan suatu bahan,artinya lebih tinggi nilai batas regangan maka bahan akan lebih kokoh.
c.       Kekuatan Tarik adalah : Suatu ukuran kekuatan bahan , lebih tinggi kekuatan tariknya bahantsb lebih kuat.
d.      Regangan adalah : Ukuran sifat untuk mengetahui apakah suatu benda mudah dibentuk atau tidak. Ukuran regangan yg besar berarti bahan tsb lebih nudah dibentuk.

2. a) Kenapa Stainless Teel tahan terhadap korosi / karat :
   Jawab :
   Stainless Teel adalah campuran Baja Nikel dan Chrom. Bahan ini tahan terhadap karat berkat lapisan
   Kuat Oxida  Nikel dan Oxida Chrom.

   b) Bagaimana proses pengolahan Aluminium agar dapat dipakai menjadi bahan Produksi :

Bahan baku untuk pengolahan aluminium adalah bauksit .dimurnikan dan tinggal hanya oksidasi aluminium sebagai sisa  oksidasi aluminium disebut juga korunt atau tanah tawas .Untuk pemisahan aluminium dipergunakan oven electrolis terdiri dari bejana baja, bagian dlm dilapisi batu tahan api.diatas dasar dapur diletakkan blok2 zat arang yg berfungsi sebagai katub negatif.



3 Jelaskan cara pemeriksaan sbb :

a).Pemeriksaan Magnetis adalah pemeriksaaan bahan yg dibangkitkan medan magnet,dimana medan   magnet menimbulkan garis–garis medan dilingkungan mengelilingi keratakan yang ada

b).Pemeriksaan Penetran yaitu pemeriksaan dgn cara bahan diberi minyak dgn melamurkan bahan kedalamnya berwarna merah yg intensif,setelah beberapa waktu lamanya minyak dihilangkan dan benda  kerja disebari serbuk  yg kuat,yg menyerap minyak yg tertinggal didlm retak dan dgn demikian keretakan  dapat  terlihat
c).Pemeriksaan Ultrason yaitu pemeriksaan  dengan gelombang suara ultra yg mempunyai frekkuency tinggi ,gelombang suara ini akan dipantulkan kembali oleh permukaan dasar benda  kerja ,dimana gema dasarnya dapat terbaca pada layar,apabila terdapat retak didalam atau dibawah permukaan, kesalahannya akan terbaca didalam layar monitor.Alat ultrasonic ini juga sering digunakan untuk mengukur ketebalan benda  kerja,misalnya tebal plat lambung  kapal

d).Pemeriksaan Rontgen,menggunakan alat khusus yg dapat memancarkan sinar rontgen menembus benda kerja, sinar rontgn adalah getaran magnit listrik dgn gelombang pendek dan hasilnya dapat dilihat pada pelat fotografi. Jika terdapat kesalahan,sinarnya lebih mudah menembus  benda  kerja dan terlihat dalam plat fotografi. Pemeriksaan ini juga berguna untuk memeriksa dibawah permukaan benda kerja.

1 komentar: